facebook twitter
Poster Akrilik Dan Plakat Kayu

Poster Akrilik Dan Plakat Kayu

Plakat yaitu sejenis hiasan meja yang umumnya dikasih sebagai hadiah ulang tahun, pernikahan, prestasi, pencapaian, atau acara tertentu. Bukan cuma demikian, plakat juga biasanya dipakai untuk nama dan jabatan yang biasanya diletakkan di atas meja. Jarang kita jumpai nama dan jabatan kepala sekolah yang terbuat dari plakat akrilik atau plakat kayu. Dalam acara wisuda, kelulusan, laga, dan acara penghargaan juga memakai plakat sebagai symbol kelulusan, kemenangan, atau penghargaan.

 

Plakat terbuat dari bermacam tipe bahan, yang sebagian di antaranya telah disebutkan sebelumnya. Bahan seperti kayu, marmer, akrilik, fiber glass, dan kaca lazim digunakan untuk membuat plakat. Tiap-tiap bahan plakat hal yang demikian tentu memiliki karakteristik, harga, dan mutu yang berbeda. Salah satu plakat paling unggul dan banyak dipakai oleh masyarakat adalah plakat akrilik. Plakat ini tentu merupakan plakat yang terbuat dari bahan akrilik. Bahan akrilik adalah bahan yang berasal dari plastik tebal dan kaku sampai menyerupai kaca.

 

Bahan akrilik memiliki karakteristik yang kaku, awet, tidak mudah mengkerut saat terkena temperatur tinggi atau rendah, transparan, dan aman diterapkan. Sifat bahannya yang kuat membikin bahan yang satu ini tak hanya diterapkan untuk membikin plakat. Bahan akrilik juga dipakai sebagai kaca pada kapal selam. Sifatnya yang kuat dan lentur membikin bahan ini bendung pada tekanan udara yang tinggi sehingga tak akan mudah pecah.

 

Bahan lain yang tak jarang diterapkan untuk membikin plakat merupakan bahan alami kayu. Kayu memang banyak diaplikasikan untuk membuat plakat sebab sifatnya yang kuat dan mudah disusun. Selain itu, plakat kayu juga memiliki desain yang elegan dan khas yang berasal dari serat kayu. Plakat yang terbuat dari bahan kayu juga akan lebih mudah diukir dan dihias sesuai dengan permintaan konsumen.

 

Selain itu, plakat dari kayu juga memiliki harga yang lebih murah kalau dibandingi dengan plakat yang terbuat dari bahan alami lainnya seperti logam. Di sisi lain, bahan kayu mempunyai beberapa kelemahan seperti mudah rapuh, pecah, tak awet. tersebut menghasilkan plakat ini wajib dirawat secara lebih intensif agar dapat bertahan lama.