facebook twitter
Sukses Menjadi Pengusaha Sapi Potong

Sukses Menjadi Pengusaha Sapi Potong

http://www.budidayaternak.com/ di bidang peternakan memang sangat menggiurkan. Tetapi butuh keuletan serta kerja keras untuk memulainya. Karena, usaha ini tak hanya membutuhkan kesabaran dan ketelatenan dalam mengurus ternak tapi juga semestinya memperhatikan akibat kepada lingkungan sekitar. Bila Anda berharap belajar perihal beternak sapi potong, Anda bisa mengakses situs tentang metode budidaya dan ternak sapi.

 

Kebutuhan akan konsumsi daging yang kian meningkat dapat menjadi peluang bagi Anda yang memang berminat pada kans usaha ini. Harga daging yang boleh dikatakan tak pernak “anjlok” ini juga bisa memberikan keuntungan yang besar bagi Anda. Khususnya pada saat menjelang Bulan Ramadhan, Idul Fitri, dan juga Idul Adha harga daging sapi ataupun sapi potong dapat betul-betul tinggi.

 

Modal yang dibutuhkan untuk mengawali usaha ini memang tak kecil, namun prospek dari usaha ini juga betul-betul bagus. Pada dasarnya, prinsip beternak sapi yakni penggemukan. Proses penggemukan sapi ini biasanya membutuhkan waktu 3 hingga 5 bulan. Anda dapat mengakses website perihal sistem budidaya dan ternak sapi untuk mendapatkan banyak berita.

 

Sapi yang lazimnya menjadi primadona di antara jenis sapi potong yaitu Sapi Brahman. Jenis sapi ini berwarna cokelat tua dengan kepala berwarna putih. Kekuatan tumbuh sapi ini tergolong pesat, sehingga masa tunggu pemotongan tidak terlalu lama. Kalau Anda berkeinginan memilih bakalan sapi, pilihlah yang usianya tidak kurang dari 2,5 tahun. Pilihlah yang berjenis kelamin jantan dengan bentuk tubuh yang panjang, bulat, dan lebar. Cek juga keadaan kotorannya yang normal, ini menggambarkan bahwa sapi tersebut dalam keadaan sehat.

 

Salah satu sistem untuk mempercepat cara kerja penggemukan sapi merupakan menggunakan makanan campuran antara hijauan dan konsentrat. Caranya ialah memberikan makanan konsentrat terlebih dahulu, kemudian makanan hijau. Selain memandang makanannya, sapi-sapi hal yang demikian juga perlu vaksinasi agar terhindar dari penyakit membahayakan. Kecuali itu kebersihan kandang dan tubuh sapi juga betul-betul penting untuk menghindarkan dari penyakit kulit. Dengan ketelatenan serta kerja keras karenanya Anda dapat mendapatkan sapi yang berkwalitas dan berdaya jual tinggi. Saat ini banyak laman perihal cara dan budidaya ternak sapi yang memberikan informasi dasar bagi Anda yang beratensi pada bisnis ini.